Dunia Misteri

Misteri 3 Lukisan Paling Berhantu di Indonesia

Lukisan merupakan hasil karya seni sang pelukis yang dia tuangkan dalam sebuah wadah melukis baik itu kertas, kain maupun lainnya. Tak banyak para pelukis tanpa sadar memiliki lukisan yang memiliki aura mistis apalagi sampai menyebabkan dirinya merasakan dampaknya sendiri.

Masyarakat Indonesia dari dulu memang sangat dikenal percaya dengan keberadaan jin dan masih memengan teguh budaya mistis masing-masing. Berikut ini 3 lukisan paling berhantu di Indonesia yang sampai sekarang masih ada.

1. Lukisan Nyi Roro Kidul



Nyi Roro Kidul merupakan legenda penguasa ratu pantai selatan yang dipercayai keberadaanya sebagai salah satu jin terkuat yang pernah ada. Kisahnya pun sering diangkat dalam berbagai film dengan berbagai versi. Sampai akhirnya 3 pelukis Indonesia memberanikan diri untuk membuat lukisannya, mereka adalah Basuki Abdullah, Suhardjo dan Didik Suardi dengan bantuan seorang model Nyonya harahap.

Lukisannysa pun saat ini memiliki aura mistis yang konon bila seseorang memandangnya selama 10 sampai 20 menit, akan mencium aroma bunga melati dan merasakan kehadiran sosok jin di sampingnya. Misteri akan lukisan ini diperkuat dengan meninggalnya para pelukisannya secara tidak lazim. Pelukis Basuki Abdullah divonis mengidap kanker lalu meninggal dirumahnya sendiri, Suhardjo meninggal karena sakit sakitan dan Didik Suardi pun meninggal seminggu kemudian setelah lukisan selesai. Saat ini lukisan Nyi Roro Kidul berada di Istana Presiden Yogyakarta.

2. Lukisan Berhantu Penari Legong


​Tari legong merupakan tarian tradsional di bali yang sangat diminati para pengunjung. Yusuf Dwiyono salah satu pelukis ternama akhirnya memutuskan untuk melukis satu penari legong yang sedang dalam keadaan menari tersebut untuk melestarikan tarian khas Indonesia tersebut. Namun setelah selesai dan dipamerkan, lukisan ini disebut berhantu dan dipercaya dapat menggerakkan matanya melihat kekiri dan kanan. Misterinya diperkuat setelah seseorang memberikan pengakuan bahwa setelah melihatnya bergerak dia merasa terus diikuti sosok makhluk gaib hingga dalam mimpinya. Namun menurut pendapat sang pelukis lukisannya tersebut tidak berhantu sama sekali, hanya karena efek lukisan seseorang sampai bisa melihat matanya bergerak.

3. Lukisan Prabu Siliwang


Prabu Siliwangi adalah sosok pemimpin kerajaan pada abad ke 14 -15. Konon menurut cerita rakyat Prabu Siliwangi tidak pernah meninggal, hanya menghilang sementara waktu dan diyakini akan mucul kembali. Saat ini lukisannya telah menghiasi museum Keraton Kesepuhan Cirebon, Jawa Barat. Lukisan Prabu Siliwangi didampingi seekor harimau yang terlihat sangat seram dengan corak warna coklat emas ini, menimbulkan banyak pendapat miring pengunjung yang mengatakan lukisan tersebut berhantu. Lukisan yang dibuat oleh Riho pada tahun 2004 yang hanya terilhami oleh sosok dan bentuk raja Jawa Barat yang masuk kedalam mimpinya ini dipercaya menimbulkan aura mistis dalam suasana museum keraton saat ini.

Sumber: Sumber:segiempat.com
Admin

I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye


EmoticonEmoticon