Dunia Misteri

Penelitian: Mengapa Anak Pertama Itu Kerap Lebih Cerdas

Selama ini banyak yang mengatakan bahwa anak pertama akan terlahir lebih cerdas dibandingkan dengan sodara-sodaranya yang lainnya. Untuk menjawab minos tersebut seorang ilmuan dari Universitas Leipzig, mencoba melakukan penelitian guna menjawab mitos tersebut.


Penelitian: Mengapa Anak Pertama Itu Kerap Lebih Cerdas


Penelitian yang melakukan pengetesan pada keperibadian dan tes IQ itu melibatkan sebanyak 20.000 orang sebagai respondennya, guna membuktikan bahwa otak anak pertama lebih encer dan saudara yang dilahirkan sesudahnya kecerdasannya sedikit berkurang. Selain itu selama ini anak paling terakhir bisanya juga merasa kalau diri mereka kurang cerdas.

Hasil tes IQ ini mengungkapkan bahwa tingkat IQ anak pertama ke anak selanjutnya hanya berkurang 1,5 poin saja. Dan karena alasan ini lah mengapa dikatakan bahwa anak pertama bisanya lebih cerdas dari adik-adiknya. Untuk anda yang bukan anak pertama anda tidak lah perlu khawatir.

Lalu yang menjadi pertanyaan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Apakah anak pertama dilahirkan dengan berkah khusus? Dan jawabannya adalah tidak.

Meski belum yakin seratus persen mengapa kebanyakan anak sulung lebih cerdas dari adik-adiknya, ilmuwan Universitas Leipzig percaya bila kecerdasan itu adalah hasil dari didikan dan perhatian orang tua yang lebih ‘terfokus’. Berbeda dengan anak kedua dan seterusnya yang mendapat perhatian dengan porsi lebih sedikit, mengingat orang tua akan mulai membagi-bagi perhatiannya.

Walaupun masih belum bisa dikatakan seratus persen anak pertama memiliki kercedasan lebih dibandingkan sodara-sodaranya, namun diyakini oleh ilmuwan Universitas Leipzig, bahwa kecerdasan yang didapat oleh anak pertama itu diperoleh dari hasil didikan kedua oarang tua mereka karena lebih fokus. Berbeda ketika mereka sudah memiliki anak kedua dan seterusnya

“Saat anak sulung mendapat perhatian penuh orangtua, setidaknya untuk beberapa bulan atau tahun, adik-adiknya dari awal kelahiran mereka harus berbagi perhatian orang tua,” ungkap Dr. Julia Rohrer dari Universitas Leipzig, Daily Mail (19/10).




Alasan selanjutnya mengapa anak sulung biasanya lebih cerdas dari adik-adinya ialah, adanya tuntutaan bagi mereka untuk mendidik adik-adiknya. Ketika anak pertama terlahir mereka akan memiliki naluri menjadi guru untuk adik-adinya menjelaskan mengenai hal-hal di dunia ini yang lebih mereka ketahui.

“Mengajari orang lain membutuhkan kecerdasan tinggi – anak-anak sulung perlu mengingat pengetahuan mereka terlebih dulu, lalu membangunnya ulang sembari memikirkan cara terbaik untuk menjelaskan kepada adik-adik. Hal ini secara berkelanjutan meningkatkan intelejensi anak sulung,” papar, Dr. Rohrer.

Penelitian ini disebutkan menggunakan atau melakukan penelitian pada sebuah keluarga yang memiliki dua anak, dengan hasil 60 anak pertama lebih cerdas dari adiknya. Sehingga anda yang anak pertama tidak perlu terburu-buru ‘menyombongkan diri’ dan bagi anda yang anak kedua dan seterusnya tidak perlu bersedih. Karena bukan tidak mungkin anak kedua dan seterusanya bakalan memiliki kecerdasan lebih dari kakak-kakaknya. (Merdeka.com)

Baca:  Penelitian: Nabi Sulaiman Wafat Di Indonesia, Apa Benar??
Admin

I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye

1 komentar:


EmoticonEmoticon