Dunia Misteri

Misteri KRI Irian yang Pernah Begitu Ditakuti Militer Dunia, Kemanakah Ia Sekarang?

Dulu militer Indonesia sangat ditakuti oleh dunia. Kerena persenjataan yang lumayan lengkap dan terbilang canggih pada masanya. Salah satu alasan Indonesia dijuluki sebagai Macan Asia adalah karena kekuatan militernya yang ternyata mampu membuat militer asing merasa keder. Dengan bantuan Uni Soviet, Indonesia memiliki perlengkapan militer yang tidak kalah dari negara Barat, termasuk salah satu diantaranya adalah KRI Irian.

Meski begitu, pembahasan tentang KRI Irian ternyata juga tidak terlalu banyak. Bahkan keberadaannya kini juga masih menjadi misteri, harusnya pemerintah mengungkap kondisinya karena KRI ini merupakan salah satu kebanggan Indonesia.

1. Desain dan Senjata KRI Irian

KRI Irian adalah sebuah kapal penjelajah kelas Sverdlov milik TNI AL pada tahun 1960-an. Kapal penjelajah mutahir buatan Uni Soviet ini hanya ada 14 di dunia dan salah satunya dimiliki oleh Indonesia.

Misteri KRI Irian yang Pernah Begitu Ditakuti Militer Dunia, Kemanakah Ia Sekarang?


KRI Irian adalah kapal perang kelas penjelajah yang terbesar yang pernah ada di Asia. Kapal ini berbobot 16.640 ton dengan dilengkapi persenjataan yang begitu lengkap mulai dari meriam, torpedo anti kapal selam, serta triple gun MK5-bis untuk anti serangan udara.

2. Ditakuti oleh Kapal Lainnya

Meski memiliki teknologi yang terbilang canggih dan mengungguli negara lainnya, KRI Irian belum pernah digunakan untuk berperang meski saat itu Indonesia sedang berjuang membebaskan Irian Barat dari Belanda dan adanya misi ganyang Malaysia.


Hr.Ms. Karel Doorman [Image Source]
Ketika KRI Irian memasuki perairan NKRI pada 5 Agustus 1962, kapal induk Kerajaan Belanda Hr.Ms. Karel Doorman segera diperintahkan untuk menyingkir agar tidak terjadi kontak langsung dengan KRI Irian. Meski tidak pernah terjadi kontak langsung, KRI Irian ternyata juga memberikan dampak politik yang besar. Salah satu buktinya adalah Amerika Serikat akhirnya memaksa Belanda untuk segera keluar dari NKRI.

3. KRI Irian Memasuki Masa Kelam

Setelah masa kekuasaan Soekarno berakhir, saat itu pula KRI Irian memasuki masa kelam. Presiden Soeharto rupanya tidak terlalu tertarik dengan KRI Irian sehingga kapal tersebut dibiarkan terbengkalai.

Alasan mengapa kapal ini tidak lagi dipakai adalah karena biaya operasional yang begitu besar. Pasalnya, untuk menjalankan KRI Irian dibutuhkan sekitar 1200 personil AL. Sementara saat itu pertahanan Nasional lebih fokus pada Angkatan Darat. Hal ini ternyata sangat disesalkan oleh banyak pengamat militer internasional.

4. Keberadaan KRI Irian yang Masih Misterius

Sejak sudah tidak dipakai lagi, tidak ada yang tahu di mana kapal ini berada. Beberapa sumber majalah militer internasional juga tidak bisa memberikan informasi yang jelas tentang keberadaan KRI Irian. Namun ada tiga teori yang berusaha menjelaskan hal ini.

Teori pertama menyebutkan bahwa KRI Irian dibesituakan di Taiwan ketika TNI-AL dipimpin oleh Laksamana Soedomo pada tahun 1970an. Alasannya adalah karena kondisi fisik KRI Irian sudah tidak mungkin lagi untuk dipertahankan. Apalagi selama ini yang memperbaiki juga teknisi Uni Soviet langsung. Meski begitu, tidak ada catatan mengenai keberadaan kapal ini di dok besi tua Taiwan.

Teori kedua menyebutkan bahwa KRI Irian dijual ke Jepang setelah semua persenjataannya diambil. Tapi alasan penjualan ke Jepang juga tidak jelas karena saat itu suku cadang masih tersimpan di Tanjung Priok. Laporan tentang kapal ini di dermaga atau dok di Jepang juga tidak pernah ada.

Teori ketiga dan yang paling dipercaya oleh masyarakat adalah karena adanya persekongkolan antara Amerika Serikat dengan Soeharto. Kabarnya, Soeharto banyak hutang budi kepada Amerika untuk menjatuhkan Soekarno dengan membuat isu komunis karena presiden dekat dengan Uni Soviet.

Setelah Soekarno berhasil digulingkan, maka Soeharto kemudian menggantikannya menjadi presiden. Saat itulah kapal ini akhirnya dimusnahkan dengan alasan perawatan yang sangat mahal hingga banyaknya kerusakan. Alasannya tentu karena kapal ini sangat ditakuti oleh kapal induk Amerika dan Nato.

Tidak diketahui secara pasti di mana keberadaan KRI Irian sebenarnya. Namun memang sayang sekali jika kapal yang sempat begitu ditakuti tersebut akhirnya harus dimusnahkan begitu saja. Mungkin seandainya Indonesia kembali memiliki kekuatan militer sehebat di masa lalu, negara kita akhirnya bisa kembali menjadi Macan Asia

Baca Juga :
 Sumber forum.viva.co.id
 
Admin

I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye

1 komentar:

avatar

Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang data dan anak anaknya, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa kerja sebagai kulih bangunan, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan AKI ZYEH MAULANA hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsu hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet KLIK DISINI saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA


EmoticonEmoticon