Dunia Misteri

Kisah Tanah Jujur Tempat Makam Syekh Hamzah Fansuri di Kota Subulussalam Aceh

Syekh Hamzah Fansuri dikenal sebagai ahli tasauf, ahli sastra, ahli fikih, dan penyair yang mendunia. Menurut A. Theew beliaulah peyair pertama Indonesia dan beliau juga lah yang menggunakan bahasa melayu dalam syairnya. Beliau hidup sekitar abad 16 dan 17.

Tempat kelahiran beliau juga masih banyak misteri, beberapa catatan sejarah, ada yang mengatakan Syakh Hamzah Fansuri lahir di Barus, dekat Sibolga Sumatera Utara sekarang, namun Prof. Ali Hasymi seorang sastrawan dan juga Gubernur Aceh yang menjabat di Tahun 1957 – 1964 menyebutkan bahwa Syekh hamzah Fansuri lahir di Fansur itu satu kampung yang terletak antara Kota Singkil dengan Gosong Telaga yang sekarang menjadi kabupaten di Ujung selatan Aceh.

Telepas dari misteri tempat kelahirannya, ternyata banyak karya yang dihasilkan oleh Syekh Hamzah Fansuri ini, banyak syairnya yang menggunakan bahasa melayu yang di terjemahkan kedalam bahasa Inggris, termasuk Prof Ali Hasymi juga meneliti syair sajak beliau. Dalam buku "Hamzah Fansuri Penyair Aceh", Prof. A. Hasymi menyebut Hamzah Fansuri hidup sampai akhir pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

Karya-karya Hamzah Fansyuri antara lain “Syair Perahu, Syair Burung Pingai” dan lain-lain. “Syair Perahu” berisi petuah tetang kehidupan agar tetap memelihara amal kebaikan, dengan menggunakan gaya bahasa syair Ruba'i nya dimana setiap bait syairnya terdiri empat baris dengan akhiran yang sama. Dan banyak juga Buku-bukunya sering disebut dalam manuskrip kuno “Sejarah Melayu” seperti “Durrul Manzum” (Benang Mutiara) dan “Al-Saiful Qati” (Pedang Tajam).
Syairnya sangat kental dengan tasauf, kerohaniahan seperti yang dikutip dari syair berikut;

Thayr al-`uryan unggas  sulthani
Bangsanya nur al-rahmani
Tasbihnya Allah `Subhani’
Gila dan mabuk akan rabbani

Unggas  itu terlalu  pingai
Warnanya sempurna  bisai
Rumahnya tiada berbidai
Duduknya da’im di balik tirai

Awwalnya bernama ruhi
Millatnya terlalu  sufi
Tubuhnya terlalu  suci
Mushafnya besar suratnya  kufi

atau syair lainnya;


Hamzah nin asalnya Fansury
Mendapat wujud di tanah Shahrnawi
Beroleh khilafat ilmu yang ‘ali
Dari abad ‘Abd al-Qadir Jilani

Hamzah di negeri Melayu
Tempatnya kapur di dalam kayu
Asalnya manikam tiadakan layu
Dengan ilmu dunia di manakan payu

Hamzah Fansury di dalam Mekkah
Mencapai Tuhan di Baitul Ka’bah
Dari Barus terlayu payah
Akhirnya dijumpa di dalam rumah

Hamzah miskin orang uryani
Seperti Ismail menjadi Qurbani
Bukan Ajami lagi Arabi
Senantiasa wasil dengan yang baqi

Beliau hidup dan berpengaruh pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636), merupakan tokoh utama yang mengangkat bahasa Melayu dari bahasa lingua-fransca, menjadi bahasa ilmu dan sastra. Peneliti dari Malaysia, Prof Dr. Naguib Alatas dalam bukunya  “The Mysticcism of Hamzah Fansuri” menyebut Hamzah Fansyuri sebagai  Pujangga Melayu terbesar dalam abad XVII, penyair Sufi yang tidak ada taranya pada zaman itu.

Kisah Dibalik Syekh Hamzah Fansuri Memilih Lokasi Makamnya


Kini makam penyair itu ada di Desa Oboh Kecamatan Rundeng Sekitar 15 KM dari Kota Subulussalam, tepat disisi sekitar 20 Meter dari Sungai Simpang Kiri (Lae Soraya). Walaupun banyak yang mengklaim kuburannya ada di Unjung Pancu Aceh Besar dan ada juga yang mengklaim ada di Malaysia. Namun bukti baik berupa penelitian dan kajian hasil karyanya menunjukkan lebih cendrung ke lokasi makam di Desa Oboh Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam yang dulunya masih Aceh Singkil.



Makam Syekh Hamzah Fansuri di Kota Subulussalam Aceh

Makam Syekh Hamzah Fansuri di Kota Subulussalam AcehMakam Syekh Hamzah Fansuri di Kota Subulussalam Aceh
Penjaga Makam Syekh Hamzah Fansuri Abdullah (66) menyebutkan, nenek moyangnya yang dulu juga juru kunci di makam tersebut tidak banyak mengetahui perihal riwayat Syakh Hamzah Fansuri. Selain dikenal sebagai ahli fikih dan suluk dari Barus dan pernah bekerja di Istana Kerajaan Aceh, Abdullah dan warga sekitar makam hanya mengetahui satu kisah legenda tentang Syekh hamzah Fansuri, yaitu tanah tempat kuburannya.

”Mengapa memilih dikubur di sini, karena saat beliau menanam padi sekaleng, panennya pun sekaleng. Saat di Kutaraja (sekarang Banda Aceh), menanam padi sekaleng, panennya ratusan kaleng. Beliau berkesimpulan, di sinilah tanah kejujuran,” kata dia.

Itulah alasan Syakh Hamzah Fansuri memilih makamnya di desa Oboh, karena tanah tersebut tanah jujur, dimana hasil pertanian yang dipanen sama seperti jumlah yang ditanam. Dan konon menurut penduduk oboh lokasi makam beliau tidak pernah banjir walau hanya beberapa meter dari sungai besar.

Sampai saat ini, lokasi makam Syekh Hamzah Fansuri ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal ataupun beberapa orang yang dari manca negara yang tertarik mengenai hasil kayra beliau yang mendunia. Semoga memberi pencerahan tentang sejarah khususnya Sejarah Islam, Sastra dan Bahasa.

Referensi;

http://nasional.kompas.com/read/2013/11/02/0712065/Hamzah.Fansuri.Jasadnya.Satu.Makamnya.di.Mana-mana
http://aceh.tribunnews.com/2013/03/03/misteri-syekh-hamzah-fansuri?page=2
http://jalantelawi.com/2012/09/jejak-sang-sufi-hamzah-fansuri-dan-syair-syair-tasawufnya/
https://naskahkuno.wordpress.com/category/experts-articles/
https://alperakani.wordpress.com/2011/01/16/sejarah-hidup-hamzah-fansuri/
Admin

I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye

5 komentar

avatar

Nice Post.
telugu town contains telugu political news, latest news in telugu, telugu cinema news, Tollywood news, ap news, telangana news, movie trailers and movie reviews.

avatar

Nice Post and thank u for sharing.....
Freshers jobs way provide freshers jobs ,walkins,direct recruitment,openings for freshers and experiencedfreshers jobs and recruiting experienced and freshers, walkins for freshers and experienced.Freshers jobs way provide a better jobs for ur dream jobs through walkins,direct recruitment,openings for freshers and experienced.

avatar

Nice Post.
123register provides domain, domain registration in

india,registers, domain registration in hyderabad.

avatar

Nice Post.
indiaregisters provides web hosting, domain registration in india,domain registration, domain registration in hyderabad.

avatar

Nice Post.
123register provides domain, domain registration in india,registers, domain registration in hyderabad.


EmoticonEmoticon