Dunia Misteri

Selain Bernama Tuhan ada Di Banyuwangi, Saiton Juga Ada di Palembang Bertitel Magister

Dunia Misteri - Netizen beberapa hari ini dihebohkan dengan nama seseorang yang aneh dan nyentrik, dialah pria asal Banyuwangi bernama Tuhan yang masih berusia 36 ini dimana kartu Tanda Penduduknya tersebar di Internet. Banyak yang kaget setelah melihat nama yang ada di KTP nya tersebut. Dan MUI juga menyarankan untuk mengganti namanya dengan nama yang lain yang lebih baik.


Nama KTP Tuhan
Foto: Okezone
Belum Selesai soal Nama Nyentrik Tuhan di Banyuwangi, ternyata ada juga yang bernama Saiton yang berasal dari Palembang, pria ini berprofesi sebagai seorang guru di salah satu SMK di Palembang dengan mengajar mata pelajaran Teknik Komputer. Saiton ini bukan hanya guru biasa, namun Saiton ini sudah menyelesaikan program magisternya dan mendapat Gelar MAP (Magister Administrasi Publik).

Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay seperti yang dikutip Dunia Misteri dari Okezone, beliau menyebutkan bahwa ada nama di Palembang bernama Syaitan. dan beliau kenal betul sosok Saiton tersebut.

Selanjutnya beliau menjelaskan sebenarnya orang tuanya dulunya tidak tahu, dan kini setelah dewasa orang tuanya merasa malu dengan nama tersebut, sudah beberapa kali ingin diganti nama, namun akibat berganti nama yang bersangkutan langsung sering jatuh sakit. Dianggap tidak cocok, nama Syaitan akhirnya digunakan kembali.


pemberian nama anak dalam Islam
Sebenarnya bagaimana etika dalam pemberian nama anak dalam Islam. Tentu disarankan menggunakan atau memberi nama anak dengan nama yang baik-baik. dan berikut ulasan hikmah dari cerita heboh nama Tuhan dan Saiton di media sosial yang bisa kita ambil hikmahnya.

Pemberian Nama dalam Islam

Nama merupakan sebuah identitas yang menjadi brand seseorang sekaligus doa yang bisa mempengaruhi gambaran bagi sifat, gaya hidup dan pemikiran. Memberi nama Anak handaklah dengan nama yang baik, begitu juga dengan arti nama tersebut.

Mengenai Nama Tuhan yang ada dibanyuwangi tentu mendapat respon negatif dari banyak kalangan, terutama MUI, karena Rasulullah sangat membenci nama Malakul Amlak yaitu Rajanya Diraja, diamana menyamai kedudukan sama seperti tuhan, begitu juga dengan nama Saiton, tentu berarti kurang baik, apalagi dengan nama langsung bernama Tuhan tersebut, seperti Rasulullah bersabda;

إن أخنع إسم عند الله رجل تسمى ملك الأملاك (رواه البخاري؛ مسلم).
“Sesungguhnya nama yang paling dibenci oleh Allah adalah seseorang yang bernama Malakul Amlak (=rajanya diraja)” (HR. Bukhori; Muslim).

Bukan hanya nama yang Saiton dan Tuhan yang kurang baik digunakan, banyak juga nama Jin yang bisa membuat Anak Anda sengsara jika Anda menggunakan nama tersebut,
Berikut nama-nama yang sering digunakan yang ternyata merupakan nama-nama yang digunakan di kalangan kaum Jin:

1. Zaqwan/Zaquan – anak jin
2. Qistina/Kistina – penghulu jin
3. Balqis – ketua jin
4. Najwa – bisikan
5. Haikal/Haiqal – tengkorak
6. Badrisha/Badlisha/Herisha


Nama-nama tersebut sangat sering kita jumpai di Indonesia, padahal nama tersebut adalah nama jin. Sebaiknya ganti nama yang kurang baik menjadi nama-nama yang baik seperti yang disabdakan oleh Rasulullah dalam hadistnya. Karena di zaman Rasulullah SAW, banyak para sahabat menggunakan nama yang kurang baik dan Rasulullah pun menggantinya, seperti hadist Rasulullah menyebutkan seperti yang diriwayatkan dari ‘Aisyah radhaiallahu ‘anha, ia berkata:

Sesungguhnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam merubah nama-nama yang jelek menjadi nama-nama yang baik” (HR. AT-Tirmidzi).

Dalam Islam jelas sudah diterangkan dalam pemberian nama kepada Anak, dalam Islam ada etika yang perlu di camkan dalam pemberian nama anak, ada nama-nama yang diharamkan dan ada juga nama-nama yang dimakruhkan penggunaannya,

Nama Yang diharamkan Dalam Islam

seperti nama yang diharamkan dalam Islam yang dikutip dari https://abdurrahman.wordpress.com/

  1. Kaum muslimin telah bersepakat terhadap haramnya penggunaan nama-nama penghambaan kepada selain Allah Ta’ala baik dari matahari, patung-patung, manusia atau selainnya, missal: Abdur Rasul (=hambanya Rasul), Abdun Nabi (=hambanya Nabi) dll. Sedangkan selain nama Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, misal: Abdul ‘Izza (=hambanya Al-‘Izza (nama patung/berhala), Abdul Ka’bah (=hambanya Ka’bah), Abdus Syamsu (=hmabanya Matahari) dll.
  2. Memberi nama dengan nama-nama Allah Tabaroka wa Ta’ala, misal: Rahim, Rahman, Kholiq dll.
  3. Memberi nama dengan nama-nama asing atau nama-nama orang kafir.
  4. Memberi nama dengan nama-nama patung/berhala atau sesembahan selain Allah Ta’ala, misal: Al-Lat, Al-‘Uzza dll.
  5. Memberi nama dengan nama-nama asing baik yang berasal dari Turki, Faris, Barbar dll.
  6. Setiap nama yang memuji (tazkiyyah) terhadap diri sendiri atau berisi kedustaan.
  7. Memberi nama dengan nama-nama Syaithon, misal: Al-Ajda’ dll
Begitu juga dengan nama yang dimakruhkan dalam Islam

Nama-nama Yang Dimakruhkan

  1. Dimakruhkan memberi nama anak dengan nama-nama orang fasiq, penzina dll.
  2. Dimakruhkan memberi nama anak dengan nama perbuatan-perbuatan jelek atau perbuatan-perbuatan maksiat.
  3. Dimakruhkan memberi nama anak dengan nama para pengikut Fir’un, misal: Fir’un, Qarun, Haman.
  4. Dimakruhkan memberi nama anak dengan nama-nama hewan yang telah dikenal akan sifat-sifat jeleknya, misal: Anjing, keledai dll.
  5. Dimakruhkan memberi nama anak dengan Ism, mashdar, atau sifat-sifat yang menyerupai terhadap lafzdz “agama” (الدين) , dan lafadz “Islam” (الإسلام), misal: Nurruddin, Dliyauddin, Saiful Islam dll.
  6. Dimakruhkan memberi nama ganda5), misal: Muhammad Ahmad, Muhammad Sa’id dll.
  7. Para ulama memakruhkan memberi nama dengan nama-nama surat dalam Al-Qur’an, misal: Thoha, Yasin dll.

Jadi buat Anda, sebagai calon Ayah, calon kakek, nenek persiapkanlah nama calon Anak dan cucu Anda dengan nama sebaik mungkin, jangan terpesona dengan keindahan nama dari tulisannya, tapi lihat lebih mendetil makna dari nama tersebut, jangan jangan ada arti yang tidak baik dibalik nama tersebut.

Semoga bisa menjadi renungan, pelajaran dari berita yang beredar di media sosial ini, agar kita kedepan lebih paham dalam memberikan nama yang terbaik untuk anak-anak dan cucu-cucu kita.

Silakan berbagi jika ini bermanfaat.

Baca juga
Admin

I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye


EmoticonEmoticon