Dunia Misteri

Subhanallah: Pasti kagum Melihat Air Lautan Yang Terpisah Berbeda Warna dan Rasa Dan Tidak Pernah Mau Menyatu

Kalau Anda pernah berlayar atau menyusuri selat gibraltar, yaitu selat yang memisahkan Samudra Atlantik dengan Laut Tengah yang memisahkan selat yang memisahkan benua Afrika & Eropa, tepatnya antara sisi selatan negera Moroko dan sisi utara Spanyol. Selat Gibraltar memiliki lokasi yang sangat strategis. Kapal-kapal yang berjalan dari Atlantik ke Mediterania dan kebalikannya harus melewat selat ini terlihat oleh Karang Gibraltar. Juga, sangat banyak orang yang berjalan dari Eropa ke Afrika dan sebaliknya. Kalau Anda belum pernah berlayar cukup melihat video YouTube dimana kapal yang melintas di selat gibraltar, disana akan terlihat dua arus lautan yang terpisah dengan warna yang tidak mau menyatu.

Pasti kagum Melihat Air Lautan Yang Terpisah Berbeda Warna dan Rasa Dan Tidak Pernah Mau Menyatu
Air laut yang tidak menyatu beda warna dan rasa di selat gibraltar

Pasti kagum Melihat Air Lautan Yang Terpisah Berbeda Warna dan Rasa Dan Tidak Pernah Mau Menyatu
Peta Selat Gibraltar yang memisahkan Maroko Afrika dan Spanyol Eropa

Anda berdecak kagum jika melihat keunikan dua arus air laut yang menyatu namun seolah ada yang memisahkan dan uniknya lagi berbeda warna dan rasa. Ternyata keunikan dua arus laut ini yang terpisah telah dinyatakan dalam Alquran sejak 14 abad lalu. diamana ilmu fisika, ilmu kelautan dan ilmu lainnya masih belum berkembang, dan adapun lautan yang tak bercampur itu diceritakan di dalam Alquran dalam surat Alfurqan ayat 53 yang artinya;
Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi. (Q.S. Al-Furqaan:53)
dan di surat lain yaitu Ar-Rahman pada ayat 19-20 yang artinya;
Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing. (Q.S. Ar-Rahman:19-20)
Atau Anda bisa langsung buka Alquran dan langsung membaca ayat dari dua surat ini, baca juga artinya.

Kalau Anda melihat videonya, tentu Anda akan kagum melihat fenomena  air laut yang beda warna ini tidak mau menyatu, kalau dipikir secara common sense, kenapa sama jenisnya toh sama-sama air kok tidak bisa menyatu. Padahal arus air laut yang menuju ke laut atlantik sangat deras. Subhanallah!!


Namun setelah berabad-abad lamanya banyak ilmuan yang meneliti perbedaan dua air laut yang terpisah ini  barulah ditemukan alasan mengapa? karena adanya perbedaan masa jenis, tegangan permukaan mencegah kedua air dari lautan tidak becampur satu sama lain, seolah terdapat dinding tipis yang memisahkan mereka.

Admin

I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye

1 komentar:


EmoticonEmoticon